Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon akan segera menggelar perkuliahan dengan sistem Program Daerah Domisili (PDD) di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Ini adalah program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kami sebagai universitas negeri di Maluku yang menjalankannya,” kata Wakil Rektor (Warek) IV Unpatti Prof. Ir. J. W. Mosse, M.Sc., Ph.D, di Ambon.

Ia mengatakan PDD merupakan proses perkuliahan yang dilakukan di luar lokasi kampus dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah (pemda), program pembelajarannya pun disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah setempat dalam rangka mendukung pembangunan.

“Dengan program ini, para dosen dan guru-guru besar Unpatti akan memberikan kuliah kepada mahasiswa yang ada di kabupaten, jadi para mahasiswa yang ada di daerah tidak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk berkuliah di lokasi kampus yang ada di Kota Ambon,” katanya.

Program Studi yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kepulauan Aru, meliputi  Ilmu Hukum, Akuntansi, PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Sedangkan di Kabupaten Maluku Barat Daya akan diselenggarakan Program Studi Ilmu Hukum, Akuntansi, PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Peternakan.

“Program Studi yang kami selenggarakan disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah di kedua kabupaten tersebut guna mendukung pembangunan di sana” ujar Wakil Rektor yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

 

Tags: , , ,